Home > ramblings > Mebalih Ogoh-ogoh!

Mebalih Ogoh-ogoh!

Mebalih ogoh-ogoh artinya: nonton ogoh-ogoh. Itu bahasa bali..

Kemarin malem, aku sekeluarga, sama Mbak Sifa nonton ogoh-ogoh di depan rumah. 17.30 WITA, aku sekeluarga udah di gerbang rumah, bawa pentongan (baca: perpaduan galon aqua ditambah kayu buat bikin berisik), genta, obor (2 man!), delele. Terus ibu bawa air tirtha sama bija. Inilah yang disebut pengerupukan. Katanya, untuk menetralisir alam. Ditekankan disini, bukan mengusir makhluk2 halus. Banyak yang beranggapan begitu, padahal jelas2 itu keliru. Hidup yang harmonis bukan berarti nggak berdampingan sama mereka-yang-kasat-mata, melainkan menciptakan keharmonisan dengan mereka-yang-kasat-mata, dimana kita memberi laba/sesaji supaya mereka nggak ganggu kita.

Selesai pengerupukan, banyak ku lihat anggota pemuda-pemudi sinomanku (Sinoman Galuh Mantri). Mereka pake baju item2 gitu. Yaoloh, aku sama adikku belum dapet, padahal udah bayar! Terus bapak udah cari ke bale banjar, tapi katanya belum dateng. Kalo aku bilang, itu kurang koordinasi. Terbukti, semua baju dateng di hari H nya, ditambah aku sama adikku ngga dapet. Salah siapa? Salahin sendiri2 deh ==”

Sebentarnya, pemuda-pemudi mulai deh jalan ke jalan jagaraga, yang cewe bawa obor, yang cowo ya ngarak ogoh2nya. Aku males dengan acara kaya gini, tapi berhubung aku orangnya tau aku dimana, dan ngga mau di cap cemacem (macem2) –padahal emang aku ngga macem2 toh-, datenglah diriku dengan adikku, tanpa baju item2 tadi, tapi dengan pede-nya kita pake baju FULL-COLOUR! Oyeeh. Malu ngga? Ya ngga lah! Apa yang harus dimaluin coba.

Hal yang nggak banget pas itu adalah:
1) Pas mau ke jagaraga, semuanya belum ngidupin obor masing2, sedangkan aku sama adikku udah MENYALA.
2) Oborku bocor, minyak tanahnya merembes keluar, ngebasahin tangan, tangan ku buat ngelap peluh, mukaku ada minyak-nya, terus hape berminyak juga.
3) Bajuku sama adikku beda dari yang lain😛

HAHAHA. selain itu, semuanya menyenangkan🙂

Di pinggir jln jagaraga

Di pinggir jln jagaraga, difoto sama adik

Ari

Ari

Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh

Ogoh-ogoh Upin Ipin..

Ogoh-ogoh Upin Ipin..

Ogoh-ogoh lagi..

Ogoh-ogoh lagi..

Ok, segini dulu. Dadah😀

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

